1. Desain Universal untuk Pembelajaran

di kutip dari : “Guru Belajar Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif”

Tujuan

Peserta pelatihan dapat memahami konsep desain universal, konsep desain universal untuk pembelajaran (Universal Design for Learning/UDL), tujuan UDL, dan prinsip-prinsip UDL dengan baik. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan membaca modul, menonton film, melakukan pengumpulan data potensi sekolah, serta menganalisisnya sebagai bahan pertimbangan dalam implementasi UDL sebagai kerangka penyusunan rencana pembelajaran di sekolah.

Kompetensi Dasar

Peserta pelatihan memiliki kemampuan untuk menjelaskan definsi desain universal beserta prinsip-prinsipnya, menjelaskan definisi, konsep dan prinsip desain universal untuk pembelajaran (Universal Design for Learning/UDL) serta mampu mengumpulkan dan menganalisis potensi dan tantangan yang dimiliki sekolah dan memanfaatkannya sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana pembelajaran berdasarkan kerangka kerja UDL.

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Peserta mampu menjelaskan konsep desain universal dan prinsip-prinsipnya dengan tepat dalam bentuk mind mapflowchat, poster, atau infografis lainnya.
  2. Peserta mampu menjelaskan landasan dan definisi UDL dengan tepat dalam bentuk mind mapflowchat, poster, atau infografis lainnya.
  3. Peserta mampu mengumpulkan data potensi sekolah dan mengalisisnya sebagai bahan pertimbangan dalam implementasi UDL di sekolahnya masing-masing.
  4. Peserta mampu membuat contoh implementasi dari prinsip-prinsip UDL sesuai dengan pembelajaran yang ada di sekolah masing-masing.

 

Pengantar Desain Universal untuk Pembelajaran

Dalam setting pendidikan inklusif, guru dihadapkan pada keragaman peserta didik baik dalam potensi, tantangan maupun kebutuhannya. Hal ini tentu saja dapat menjadi stimulus yang positif bagi guru untuk terus mengembangkan rencana pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman di kelasnya.

Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam dan menekankan pada pembejalaran yang fleksibel, bermakna serta keterlibatan. UDL dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI).

Materi pada modul ini membahas apa itu desain universal, implementasi desain universal untuk pembelajaran, konsep dasar UDL, definisi, tujuan dan prinsip-prinsip UDL. Peserta pun akan belajar melakukan pengumpulan data dan informasi terkait dengan potensi dan tantangan sekolah serta menganalisisnya guna mendukung implementasi UDL sesuai dengan pembelajaran di sekolah masing-masing.

Aktivitas 1 – Desain Universal

ada aktivitas pertama ini, Anda akan belajar mengenai bagaimana sebuah desain yang dibuat dapat mengakomodir keberagaman, atau yang dikenal dengan desain universal.

 

Lalu jawablah pertanyaan berikut!

1.Jelaskan menurut Anda, apa perbedaan tangga A dan tangga B dari segi desainnya?

2Jelaskan menurut Anda, kondisi orang seperti apa yang akan sulit menggunakan tangga A?

3.Menurut Anda desain tangga mana yang lebih universal, dan jelaskan mengapa?

4.Menurut Anda apa manfaat dari desain universal ketika digunakan untuk merancang sebuah bangunan?

5.Menurut Anda apa saja yang harus dipertimbangkan oleh seorang desainer untuk merancang sebuah bangunan berdesain?

Aktivitas 2 – Desain Universal untuk Pembelajaran

Pada aktivitas kedua ini, Anda dapat menonton video dan membaca bahan bacaan yang dapat membantu memahami mengenai konsep desain universal untuk pembelajaran (Universal Design for Learning/UDL).

silahkan simak vidio berikut :

  1. PENTINGNYA UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF
  2. IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP UDL DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF

Aktivitas 3 – Asesmen dan Analisis Potensi Sekolah

Tugas-Aktivitas-3-Asesmen-Potensi-Sekolah

Aktivitas 4 – Penerapan Prinsip-prinsip Desain Universal untuk Pembelajaran

Penerapan-3-prinsip-UDL

Eksplorasi Konsep Desain Universal untuk Pembelajaran

  1. Desain universal 

Desain universal adalah desain dan komposisi dari suatu lingkungan sehingga dapat diakses, dipahami, dan digunakan semaksimal mungkin oleh semua orang tanpa memandang usia, ukuran, kemampuan, atau kecacatannya (Otoritas Disabilitas Nasional, 2019).

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai desain dapat dipelajari pada link berikut:

http://universaldesign.ie/What-is-Universal-Design/

https://www.ypedulikasihabk.org/2018/10/11/desain-universal-desain-untuk-semua-orang/

  1. Universal Design for Learning

UDL adalah kerangka kerja dengan seperangkat prinsip untuk belajar dan mengajar, berdasarkan wawasan ilmiah tentang bagaimana manusia belajar untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pengajaran serta pembelajaran bagi siswa dengan kebutuhan belajar yang beragam, termasuk, siswa penyandang disabilitas.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai desain dapat dipelajari pada link berikut:

  1. https://www.cast.org/impact/universal-design-for-learning-udl
  2. http://www.suryadisabilitas.com/2020/10/pengertian-prinsip-konsep-universal-design-for-learning-udl-pendidikan-khusus-disabilitas.html
  3. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjXvpOAuuDxAhUJSX0KHcqlCu8QFjABegQIBhAD&url=http%3A%2F%2Fdigilib.mercubuana.ac.id%2Fmanager%2Ft!%40file_artikel_abstrak%2FIsi_Artikel_523599044191.pdf&usg=AOvVaw2zfJdZmhVA0WJflET4Y0LJ
  1. Prinsip UDL
  1. Multiple means of engagement  Melakukan berbagai cara keterlibatan peserta didik dalam mendukung pembelajaran afektif (yaitu, mengapa kita belajar): Mempertimbangkan bagaimana melibatkan peserta didik guna merangsang minat dan memotivasi dalam proses belajar melalui kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif, permainan dan simulasi, nyata dan virtual.
  2. Multiple means of representation  Menyediakan berbagai sarana yang memadai untuk mendukung pembelajaran yang dapat  memberikan makna (Menyediakan konten melalui berbagai cara, seperti diskusi, bacaan, teks digital, dan presentasi multimedia)
  3. Multiple means of action and expression  Menyediakan berbagai cara yaitu berupa tindakan dan ekspresi dalam upaya mendukung proses pembelajaran yang strategis (yaitu, bagaimana kita belajar): Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara seperti melalui tes atau makalah, melalui seni, presentasi multimedia, dan rekaman digital.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai desain dapat dipelajari pada link berikut:

  1. https://udlguidelines.cast.org/
  2. http://www.suryadisabilitas.com/2020/10/prinsip-universal-design-for-learning-udl-pendidikan-inklusif.html

 

Tinggalkan komentar